UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Rahayu, Sumberning
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4393/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4393/
Daftar Isi:
  • Pada dasarnya peserta didik yang berperilaku agresif membutuhkan penanganan oleh Pendidik Bimbingan dan Konseling. Sebagai bidang yang memiliki fokus dalam pencegahan masalah dan pengentaskan masalah yang dialami peserta didik, tentunya bimbingan dan konseling pendidikan islam memiliki media ataupun layanan konseling yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan yaitu sebagai upaya memaksimalkan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang membantu dalam proses mengentaskan masalah peserta didik. Kemudian dalam praktiknya, pendidik Bimbingan dan Konseling menggunakan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanggulangi Perilaku Agresif SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019 melalui Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Assertive Training. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data-data mengenai layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training yang dilaksanakan oleh pendidik Bimbingan dan Konseling yang ada di SMP Wiyatama Bandar Lampung sebagai upaya menanggulangi perilaku agresif peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanggulangi Perilaku Agresif melalui layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training berperan penting dalam menanggulangi perilaku agresif peserta didik kelas IX A di SMP Wiyatama Bandar Lampung.