IMPLEMENTASI STRATEGI QUANTUM QUOTIENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDIPENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Rahmat, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/434/1/SKRIPSI_FIX.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/434/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini, yaitu dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung yang masih banyak belum mencapai KKM, dengan jumlah rata-rata yang dimiliki yaitu sebesar 68,83. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memiliki tujuan dalam penelitian ini, adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi quantum quotient dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan yang menjadi alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung, guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Dan cara yang digunakan peneliti dalam pengambilan data yaitu dengan cara sampling purposive dan snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung, pada implementasi strategi quantum quotient menyatakan adanya penigkatan dalam hasil belajar peserta didik, yaitu dibuktikan dengan rata-rata secara keseluruhan sebesar 80,68. Dari rata-rata tersebut berasal dari hasil belajar peserta didik kelas VII C 82,70, VII D 80,00 dan VII E 79,35, dapat disimpulkan bahwa strategi quantum quotient dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Kata Kunci : Strategi Quantum Quotient dan Hasil Belajar.