PENGEMBANGAN E - MODULE BERBASIS EXE-LEARNING BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII

Main Author: Kurniasari, Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4285/1/SKRIPSI%20INTAN%20KURNIASARI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4285/
Daftar Isi:
  • Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu yang mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pra-penelitian dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi didapatkan bahwa dalam pembelajaran matematika di kelas pendidik belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan peserta didik menginginkan pembelajaran matematika yang menarik yaitu media pembelajaran berupa e-module (modul elektronik) dan peserta didik tertarik jika modul elektronik dikaitkan dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module yang bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang dan menjelaskan cara pengembangan emodule dengan menggunakan program Exe-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan oleh Thigarajan dkk yaitu 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). E-module yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, e-module yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan setelah melalui validasi oleh ahli materi dengan skor rata-rata 3,88 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,90. Sedangkan pada tahap uji coba produk, oleh respon pendidik diperoleh skor rata-rata 3,08 dengan kriteria menarik dan respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 3,52 dengan kriteria sangat menarik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis exe-learning bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.