LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII MTs MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG

Main Author: MARSELINA, YESI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4284/1/SKRIPSI%20YESI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4284/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya interaksi sosial peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan tehnik role playing, yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunju kan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial peserta didik kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Bandar Lampung dilihat dari mean sebelum diberikan treatment 39% dan setelah diberikan treatment 74%, hal ini membuktikan bahwa terjadinya peningkatan sebesar 35% dengan demikian terdapat perbadaan interaksi sosial peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelimpok dengan tehnik role playing. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018.