PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII DI SMP N 21 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Febilia, Icha
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4272/1/SKRIPSI%20ICHA%20FEBILIA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4272/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis, kritis, rasional dan sistematis serta melatih peserta didik agar terbiasa dalam memecahkan suatu masalah yang ada di sekitarnya. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan berupa buku paket sulit dimengerti dalam segi bahasa atau penjelasan, dan pendidik belum membuat bahan ajar berupa modul inkuiri terbimbing berdasarkan masalah dilakukan pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis inkuiri terbimbing yang memudahkan pembelajaran dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan himpunan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil 86%, dan validasi ahli media diperoleh hasil 89% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk oleh dosen ahli kemudian produk diujicobakan dengan pendidik bidang studi matematika dan peserta didik. Respon pendidik bidang studi matematika diperoleh 86% dengan kriteria “sangat menarik” dan peserta didik diperoleh hasil 86% dengan kriteria ”sangat menarik”. Dengan demikian modul yang dikembangkan sangat menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.