PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS III MIS MIFTAHUL HUDA ADILUWIH
Main Author: | Nopriyani, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4209/1/SKRIPSI%20DWI%20NOPRIYANI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4209/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di kelas III MIS Miftahul Huda, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Peserta didik sulit menyelesaikan soalsoal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe NHT berbantu media corong berhitung terhadap hasilbelajar matematika peserta didik di kelas III MIS Miftahul Huda Adiluwih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIS Miftahul Huda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas III wukuf sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Numbered Heads Toghether, kelas III Sai sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Structured Numbered Heads. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji–t independent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung = 3,354 dan t(0,025;34) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;34) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan Model Numbered Heads Together dibanding dengan model Structured Numbered Heads di kelas III MIS Miftahul Huda, peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan Model Numbered Heads Together, memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model Structured Numbered Heads. Dengan menggunakan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,770 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Corong Berhitung, Hasil Belajar