EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | Lestari, Mikyatul Huli Windu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4182/1/Skripsi%20Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4182/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya sikap ilmiah siswa terhadap pembelajaran IPA yang dibuktikan dengan prilaku mereka yang cenderung malas-malasan mengikuti pembelajaran sains. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan pendekatan Saintifik dengan metode Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik dengan metode Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang dilakukan berdesain Posttest-Only Control Design. Penelitian dilakukan MIN 06 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV A berjumlah 32 siswa dan kelas IV B berjumlah 31 siswa. Kelas IV A merupakan kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan metode practice rehersal pair dan kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvesional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi data sekolah. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung adalah 2,78 dan ttabel adalah 1,671 sehingga hasilnya thitung > ttabel (2,78 > 1,671) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan penggunaan pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung.