PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 5 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Gumanti, Agung Akbar Maden
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4134/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20AKBAR.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4134/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan sesuatu yang penting, dengan pendidikan kita dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam diri. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di SMP N 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan iringan musik klasik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam menggunakan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, diperoleh data bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesisnya digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t diperoleh bahwa 2,13 > 2,002. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh pembelajaran dengan musik klasik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan pembelajaran dengan musik klasik lebih baik dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Musik Klasik, Pemecahan Masalah Matematis.