PENGARUH PENGGUNAAN METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | Rif’aturrofiqoh, Gustin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/4128/1/SKRIPSI%20GUSTIN.pdf http://repository.radenintan.ac.id/4128/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pencapaian nilai kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih banyak yang rendah. Penerapan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an adalah metode yanbu’a. Untuk itu metode yanbu’a digunakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Bandar Lampung agar pembelajaran dapat berhasil sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan. Rumusan masalah penelitian adalah adakah pengaruh yang signifikan penggunaan metode yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Hadits kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan design Quasi Ekperimen, bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel yang diteliti yaitu seluruh kelas IV MIN 7 Bandar Lampung yang berjumlah 41 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan (praktik) membaca Al- Qur'an, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2-tailed) = 0,586 dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2-tailed) = 0,158 dengan nilai α = 0.05, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karena jika Sig > α (0.05), (0,586>0,05) dan (0,58>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk sig > α (0.05) menunjukkan nilai 0,668, hal ini berarti (0,668>0,05) jadi data dinyatakan homogen atau sama. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,04 maka sesuia dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika sig <0,05 (0,04<0,05) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dikelas IV MIN 7 Bandar Lampung”. Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.