KETELADANAN SEBAGAI KUNCI PENDIDIKAN KARAKTER (KAJIAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA)
Main Author: | Ediyanto, E |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/3906/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.radenintan.ac.id/3906/ |
Daftar Isi:
- Keteladanan SebagaiKunci PendidikanKarakter(KajianPemikiran Ki Hadjar Dewantara). SkripsiProgram Strata 1 Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah danKeguruan UniversitasIslam NegeriRadenIntan Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metodelibrary research danmetodedokumenter.Adapun pendekatan yang digunakanadalah pendekatan contentanalysis atau penelitian yang bersifat pembahasanmendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa.Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena minimnyaataukrisinya moral bangsainikhususnyapadaanak. Krisis moral yang terjadi pada SDM indonesia saat ini dikarenakan minimnya sosok teladan yang berbudi pekerti luhur dari pemimpinpemimpin rakyat, tokoh-tokoh masyarakat, dan yang utama krisisnya sosok keteladanan dari para pendidik atu guru yang bisa dijadikan panutan dan contoh untuk diteladani oleh masyarkat terutama anak-anak yang masih dalam jenjang pendidikan. Krisis itu antaralainberupa meningkatnya pergaulan seks bebas, maraknya angka kekerasananak, kejahatan terhadap teman, pencurian, kebiasaanmenyontek, penyalahgunaanobat-obatan, pornografi, pemerkosaan, perampasan,dan perusakan milik orang lain danmasih banyak lagi. Perilaku anak kita jugadiwarnai dengan kebiasaan bullying di sekolah,dan tawuran. Oleh karena ituskripsi ini akan meneliti tentang faktor keteladanan dalampendidikan karakterdengan mengkaji pemikiran Ki Hadjar Dewantara.