PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGOPTIMALKAN KINERJA GURU DI MTS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

Main Author: PRANTIKA, JUNITA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3771/1/SKRIPSI%20JUNITA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3771/
Daftar Isi:
  • Kepala madrasah mempunyai peran penting, ia merupakan pemimpin yang bertanggung jawab atas jalannya sistem pendidikan di madrasahnya. Salah satu pengaruh tugas dan tanggung jawab kepala madrasah terhadap para tenaga pendidiknya, yaitu akan mampu meningkatkan kinerja para guru yaitu dengan mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru dan merupakan salah satu bagian pokok dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, maka supervisi semacam itu disebut supervisi akademik. Lalu yang menjadi rumusan masalah disini yaitu ingin mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengoptimalkan kinerja guru. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview,dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) ,dan conclusion draing/vertification(kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi teknik. Berdasarlkan hasil penelitian ini, peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengoptimalkan kinerja guru di MTs Darul Huda Bandar Lampung sudah terlaksana, dibuktikan dengan menyiapkan waktu untuk melakukan kunjungan kelas, melakukan pertemuan rapat setiap bulannya untuk mendiskusikan maupun melakukan pembinaan pada guru agar dapat dievaluasi. Akan tetapi, tenaga pendidiknya masih belum dikatakan optimal dibuktikan dengan kurangnya memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan dikarenakanminimnya fasilitas yang tersedia untuk keperluan mengajar dikelas, serta tidak melakukan bimbingan khusus pada siswa yang nilainya belum tuntas. Kata kunci : kepala madrasah sebagai supervisor, kinerja guru