Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Question Student Have ( QSH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lmpung Tahun Ajaran 2017 / 2018
Main Author: | Ulla, Juwita Rohmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/3629/1/Skripsi%20Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/3629/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe QSH terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini berlatar belakang adanya pendidik yang kurang tepat dalam memilih strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 2 Perintis Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik purposive Sampling yakni kelas eksperimen (XI IPA 3) yang diterapkan model pembelajaran QSH dan kelas kontrol (XI IPA 5) yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes (pretest dan postest). Hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20. Lalu untuk mengetahui keterlaksanaan model QSH di lakukan observasi Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui, ada atau tidaknya pengaruh model QSH terhadap hasil belajar siswa, setelah dianalisis dengan menggunkan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 5,036>2,010. Hal ini menunjukkan bahwa model QSH berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif,QSH (Question Student Have), Hasil Belajar siswa