PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X

Main Author: SUSANTI, WAHYU CITRA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3552/1/Skripsi%20Full%20CITRA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3552/
Daftar Isi:
  • Di sekolah SMA Gajah Mada Bandar Lampung, keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Hal ini diduga karena perangkat pembelajaran seperti LKS dan media yang digunakan belum membantu dalam merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan berpikir kritis untuk pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan berpikir kritis untuk pembelajaran biologi SMA kelas X yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan pada penilaian untuk mengetahui kelayakan LKS (Lembar Kerja Siswa) berupa lembar pernyataan serta angket respon guru dan siswa. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari setiap validator, guru biologi dan siswa. Temuan penelitian ini berupa media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan berpikir kritis untuk pembelajaran biologi. Kriteria yang didapat yaitu sangat layak dengan persentase 89,70% berdasarkan penilaian ahli media, 82,81% berdasarkan ahli materi, 92,30% untuk penilaian silabus dan 91,66% untuk penilaian RPP yang divaliasi oleh ahli pembelajaran, dan 90,38% oleh ahli soal. Respon guru dan siswa mendapat kriteria sangat layak dengan persentase 88,46% dan 86,64%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi