PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TADABUR ALAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII C DI SMP N 1 BATANGHARI

Main Author: Ghifari, Hanif
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3503/1/pdfjoiner_2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3503/
Daftar Isi:
  • PenelitianinidilatarbelakangiolehadanyapermasalahanyaiturendahnyahasilbelajarpadamatapelajaranPendidikan Agama Islam. Hal inidisebabkandalam proses belajarmengajarkemampuanpesertadidik yang kurangmemahamimateridan guru masihkurangaktifdalammenggunakan model –model pembelajaran. Salah satu alternative yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama Islam adalah Model pembelajaranTadaburAlam. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridariduasiklus.TahappelaksanaanPenelitianTindakanKelas (PTK) meliputiperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Denganmenggunakanmetodeobservasi, interview, dokumentasi, danteshasilbelajar. Pelaksanaanpenelitianinisudahberjalandenganbaiksesuaidenganlangkah-langkahpembelajaranTadaburAlam, inidibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajar, sebelumpenerapannilaiteshasilbelajarpesertadidik yang mencapai KKM adalah 11pesertadidikdenganpresentase 36,6%, siswatidakmencapai KKM adalah 19pesertadidikdenganpresentase63,3%. KemudiansetelahmenggunakanpembelajaranTadaburAlamdapatdiketahuinilai rata-rata teshasilbelajarmengalamipeningkatan.Padasikluspertamanilaiteshasilbelajarsiswa yang mencapaiketuntasanhanya 21pesertadidikdenganpresentase70%, dantidaktuntas 9pesertadidikdenganpresentase30% . Kemudiansikluskeduateshasilbelajarsiswamencapaiketuntasan 28pesertadidikdenaganpresentase93,3% , yang tidaktuntas 2pesertadidikdenganpresentase6,6% siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Tadabur Alam dan Hasil Belajar