PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII.2 SMP NEGERI 1 PAGELARAN KABUPATEN PRINGSEWU
Main Author: | Rohayati, Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/341/1/SKRIPSI_LENGKAP_DINA_ROHAYATI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/341/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan metode dalam mengajar yang tepat merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan mutu pengajaran. Penerapan suatu metode pengajaran harus ditinjau dari segi keefektifan, keefesienan, dan kecocokannya dengan karakteristik materi pelajaran serta keadaan peserta didik. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan peserta didik secara aktif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah metode brainstorming. Dalam wujud hasil proses penerapan metode brainstorming di SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu adalah hasil belajar peserta didik mencapai target kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Presentase keberhasilan pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan sebesar 10 Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar. ii