PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG
Main Author: | Andini, Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/3325/1/SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/3325/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran menggunakan media komputer dapat menstimulasi peserta didik untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan simulasi karena tersedianya animasi grafik, warna, dan musik. Sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep matematika. Berdasarkan hasil pra survei di SMP IT Bustanul U’lum Lampung Tengah, kurangnya pemahaman konsep matematis pada peserta didik. Hal tersebut akhirnya menuntut pendidik untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran seperti media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui pengembangan media animasi menggunakan macromedia flash berbasis pemhaman konsep yang layak digunakan. (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran terhadap pemahaman konsep. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media animasi menggunakan macromedia flash berbasis pemahaman konsep. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode pengembangan perangkat four-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan; (3) develop atau pengembangan; dan (4) disseminate atau penyebaran dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) berupa skala Likert untuk respon dan soal tes untuk pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah media animasi menggunakan macromedia flash berbasis pemahaman konsep yang layak digunakan untuk pemahaman konsep peserta didik. kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dari ahli materi dan ahli media adalah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang diperoleh pada uji kelompok kecil yaitu sangat menarik dengan skor rata-rata sebesar 3,64. Pada uji kelompok besar diperoleh kriteria kemenarikan yaitu sangat menarik dengan skor rata-rata sebesar 3,47. Pemahaman konsep terhadap media dengan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep adalah 76,6% termasuk dalam kategori baik.