EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MELALUI METODE POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Main Authors: Dr. Romlah, M.Pd.I, ANTOMI SAREGAR, ANTOMI SAREGAR, Rina, Dwi Jayanti
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3314/1/2016antomifisikaunila_Rina.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Leaning (PBL) melalui metode Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postes. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungkai Jaya kelas X. Pengambilan sampel dengan cara acak kelas (random sampling) untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t satu pihak erdasarkan nilai sig. serta normalitas gain (N-gain). Data penelitian menunjukkan ahwa model Problem Based Learningmelalui metode POE berpengaruh positif dan apat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dari pada eserta idik yang menggunakan metode ceramah. Hasil uji peningkatan dengan N-gainkelas ksperimen berada pada kategori sedang, lebih tinggi dari pada kategori kelas kontrol aitu rendah.Simpulanpenelitian ini yaitu pembelajaran Fisika model PBLmelalui etode POE dinyatakan efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta idik kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara.