EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | Putri, Rizki Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/3267/1/Skripsi_Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/3267/ |
Daftar Isi:
- Perilaku agresif adalah kekerasan secara verbal maupun non verbal yang dapat merugikan orang lain dengan cara melukai seseorang atau merusak harta benda atau objek objek. Sehingga dapat menimbulkan ketidak nyamanan di dalam suatu lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik role playing efektif dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain Pre-eksperimental yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Muhammadiyah Bandar Lampung yang berjumlah 12 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh t hitung sebesar 13.290. Nilai t hitung ini lebih besar dari t tabel dengan degree of freedom 11 yaitu 1.796. t hitung ≥ t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018