EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Putri, Rizki Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3267/1/Skripsi_Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3267/
Daftar Isi:
  • Perilaku agresif adalah kekerasan secara verbal maupun non verbal yang dapat merugikan orang lain dengan cara melukai seseorang atau merusak harta benda atau objek objek. Sehingga dapat menimbulkan ketidak nyamanan di dalam suatu lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik role playing efektif dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik kelas VII di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain Pre-eksperimental yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Muhammadiyah Bandar Lampung yang berjumlah 12 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh t hitung sebesar 13.290. Nilai t hitung ini lebih besar dari t tabel dengan degree of freedom 11 yaitu 1.796. t hitung ≥ t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018