PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR GRADIEN DAN PERSAMAAN GARIS UNTUK SISWA SMP

Main Author: Setiawati, Neni
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/3259/1/Skripsi_Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/3259/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Desain Didaktis bahan ajar Gradien dan Persamaan Garis untuk Siswa SMP. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan yaitu 4D. Tahapan yang dilakukan mulai dari tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Dessiminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi da ahli media. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, pada aspek ketepatan cakupan memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, dan aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 3,2 dengan kriteria valid. Validasi ahli media pada aspek ukuran Modul memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, aspek desain kulit Modul memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid dan pada aspek desain isi Modul memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid. Pada uji coba terbatas peserta didik kelas VIII pada uji kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,6 dengan kriteria sangat menarik dan respon pendidik dengan skor 3,7 dengan kriteria sangat menarik