PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Rina, Anisa Deska
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2906/1/Skripsi_Full_ANISA_DESKA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2906/
Daftar Isi:
  • Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa dan kurang meresponnya terhadap materi yang disampaikan pada mata pelajaran IPA dalam kegiatan belajar mengajar yaitu guru jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan cenderung menggunakan metode konvensional. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampung ?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Design). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Pengujian prasyarat anlisis dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS 16.0 for Windows yang menggunakan analisis uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test, menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,004 < 0,05. Dengan demikian nilai sig < α pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajar Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar IPA