PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI FISIKA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK
Main Author: | Sari, Aprilia Mayang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2868/1/Skripsi_Full_APRILIA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2868/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan spesifik dari pengembangan media pembelajaran permainan monopoli fisika pada pokok bahasan cahaya dan alat optik, mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan monopoli fisika pada pokok bahasan cahaya dan alat optik, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran permainan monopoli fisika pada pokok bahasan cahaya dan alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Langkahlangkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Raden Intan Lampung dan SMP N 2 Gadingrejo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Kebutuhan spesifik dari pengembangan media pembelajaran permainan monopoli fisika pada pokok bahasan cahaya dan alat optik, diantaranya yaitu dibutuhkannya filter oleh peneliti untuk mengganti, memodifikasi, atau menghilangkan berbagai komponen yang memungkinkan munculnya kesan negatif dalam diri peserta didik menjadi komponen yang berkaitan dengan pendidikan, bahan-bahan seperti kertas artpaper dan bc linen untuk mencetak desain permainan, form/ lembar penilaian untuk mencatat berbagai hal saat permainan dijalankan, dan desain media yang sesuai dengan karakteristik kegiatan permainan monopoli salah satunya adanya unsur persaingan sehingga saat permainan dijalankan dapat membangkitkan motivasi siswa. Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi termasuk dalam kriteria sangat baik. Serta hasil respon guru dan siswa melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan memperoleh penilaian dengan kriteria sangat baik. Media pembelajaran permainan monopoli fisika pada pokok bahasan cahaya dan alat optik secara keseluruhan memperoleh penilaian yang termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Cahaya dan Alat Optik