EFEKTIVITAS MODEL RMS (READING, MIND MAPPING AND SHARING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS X SMK SMTI BANDAR LAMPUNG PADA POKOK BAHASAN IMPULS DAN MOMENTUM

Main Author: Julia, Orin Neta
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2866/1/Skripsi_Full_ORIN.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2866/
Daftar Isi:
  • Pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar yang baik hanya mungkin dicapai melalui proses belajar yang bermutu. Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru (pendidik) agar terjadi proses belajar pada diri siswa. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang sulit dipahami. Oleh sebab itu kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan model yang digunakan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah kelas X KA SMK SMTI Bandar Lampung, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Kelas X KA 1 merupakan kelas eksperimen dan kelas KA 2 merupakan kelas kontrol, penelitian ini dengan materi impuls dan momentum. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 8. Uji independent t-test diguankana untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) dengan model konvensional. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara menggunakan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai sig sebesar 0,027 yang artinya nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keefektifan model RMS dapat diketahui dari nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang. Artinya model RMS berpengaruh cukup tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X SMK SMTI Bandar Lampung pada mata pelajaran pada mata pelajaran fisika. Kata Kunci: Model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing), Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.