PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (STUDENT, TEAMS, ACHIEVEMENT, AND DIVISION) DENGAN METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Main Author: JOHANSYAH, J
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2753/1/combinepdf.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2753/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (STUDENT, TEAMS, ACHIEVEMENT, AND DIVISION) DENGAN METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA OLEH JOHANSYAH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh rata-rata hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dengan metode POE dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional di Kelas IX SMP Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas SMP Negeri 16 Bandar Lampung dengan 58 peserta didik dari dua kelas yaitu kelas IX F sebagai kelas eksperimen dan IX G sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dengan metode POE, dan kelas kontrol menggunakan pembelajarn konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan hasil rata-rata antara pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dengan metode POE dan pembelajaran konvensional terdapat perbedaan hasil rata-rata yang di dapat oleh siswa. Dari perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 = ditolak dan Ha = diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dengan metode POE dan pembelajarn konvensional. Effect size dalam penelitian ini di dapat 0,413, nilai tersebut masuk dalam kategori sedang yang berarti memberikan pengaruh yang cukup tinggi.