PENERAPAN STRATEGI JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 6 JATIMULYO LAMPUNG SELATA

Main Author: NURBAITI RIZQO , SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2748/1/combinepdf.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2748/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini, hasil belajar peserta didik relatif rendah. Hal ini berhubungan dengan strategi pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah, tanya jawab, dan penugasan, dan kurangnya inovasi guru dalam merancang materi dan media pembelajaran, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Maka penulis dalam penellitian ini mencoba menerapkan strategi Joyfull Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran PAI di SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Joyfull Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI peserta didik kelas IV SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan?’’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Joyfull Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Joyfull Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Yang dilihat dari sebelum diadakan tindakan, peserta didik tuntas mencapai KKM hanya 25% atau 4 peserta didik. Setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan strategi Joyfull Learning hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 81,25% atau 13 peserta didik.