PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG PADA METERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: NUR’AINI , SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2744/1/SKRIPSI_SITI_NUR%27AINI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2744/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Oleh: Siti Nur’Aini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan metode student Created Case Studies disertai dengan media gambar dengan siswa yang menggunakan metode Direct Intruction, mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran menggunakan metode Student Created Case Studies disertai media gambar dengan yang menggunakan metode Direct Intruction, dan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor kategori pengelompokan sikap ilmiah terhadap sikap ilmiah siswa. Keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, hipotesis, membuat pertanyaan, merencanakan percobaan atau penyelidikan, interpretasi, melakukan komunikasi, menerapkan konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 15 Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2015/2016. Dengan menggunakan jenis penelitian quasy experimental, dengan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan acak kelas. Sampel penelitian meliputi kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan untuk kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama Hasil penelitian perhitungan uji Analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama diperoleh (1), Fa 0,00 < 0,05 terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan metode student Created Case Studies disertai dengan media gambar dengan siswa yang menggunakan metode Direct Intruction, (2), Fb 0,109 > 0,05, tidak terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran menggunakan metode Student Created Case Studies disertai media gambar dengan yang menggunakan metode Direct Intruction, dan (3) 0,05 < 0,05 terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor kategori pengelompokan sikap ilmiah terhadap sikap ilmiah siswa. Kata Kunci : Metode Student Created Case Studies, Media gambar, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah