PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016
Main Author: | Putri, Nur Afifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/273/1/SKRIPSI_LENGKAP_AFIFAH_PUTRI_Watermark.pdf http://repository.radenintan.ac.id/273/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design yang berbentuk Posttest Only Control Design jenis deskriptif kuantitatif. Mengingat data yang dianalisis bersifat kuantitatif, maka peneliti menggunakan uji validitas yang terdiri dari uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20, Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 2,20 dengan taraf signifikansi didapat =2,006. Melalui kriteria uji jika thitung >ttabel maka H1 diterima. 2,20 > 2,006, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Katakunci : Hasil Belajar, IPS, model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division)