PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON MATHEMATICS BERBANTUAN LKPD YANG TERINTEGRASI PADA SIMBOL-SIMBOL KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK
Main Author: | Dewi, Wiwik Sulistiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2718/1/SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2718/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan alamiah yang perlu dimiliki oleh setiap individu, namun kemampuan berpikir kritis tersebut tidak akan berkembang jika tidak dikembangkan. Akan tetapi kemampuan berpikir kritis matematis di SMP Negeri 3 Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal tersebut berdasarkan hasil pra penelitian dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara langsung oleh guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis, sehingga kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki peserta didik masih rendah. Peserta didik juga kurang berminat dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang mengakibatkan minat belajar peserta didiknya pun rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Hands On Mathematics berbantuan LKPD yang terintegrasi simbol-simbol keIslaman dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exerimental design dengan rancangan posttest only. Keseluruhan sampel pada penelitian ini adalah 96 peserta didik berasal dari 3 kelas yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik dan dipilih dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA satu jalan dengan sel sama. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Hands On Mathematics berbantuan LKPD yang terintegrasi simbol-simbol keIslaman dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Hands On Mathematics, LKPD Terintegrasi symbolsimbol KeIslaman, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis