EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Maghrobi, A Busthomi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2623/1/SKRIPSI_mAGHROBI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2623/ |
Daftar Isi:
- Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Berdasarkan hasil observasi dan penyebaran kuesioner yang penulis lakukan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung masih terdapat peserta didik yang memiliki rasa percaya diri. Atas dasar hal tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik latihan asertif (assertive training) untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bndar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian True Eksperimental Design jenis pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 11 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode kuisioner, wawancara, dan dokumentasi tehnik pendukung. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan peserta didik di sekolah sebelum diberikan layanan dan sesudah diberikan layanan. terhadap rasa percaya diri Hal ini ditujukan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t-test), dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh dalam kelompok eksperimen t hitung = 36.701 > t tabel 0.05 = 2.228, df = n-1=10 dengan p value < t tabel (0.000 < 0.0005), maka Ho “Konseling Kelompok Tehnik Latihan Asertif (assertive training) tidak efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung” ditolak dan Ha “Konseling Kelompok Teknik Latihan Asertif (assertive training) efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung” diterima Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Latihan Asertif dan Percaya Diri.