EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Annisa, A
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2478/1/skripsi_Annisa.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2478/
Daftar Isi:
  • Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola serta mengontrol emosinya, memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain, mampu bersosialisasi dengan baik, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi dirinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling behavioral dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain Pre-eksperimental yang digunakan adalah One-Group Pretest- Postest Group Design, yaitu jenis desain yang biasanya dipakai pada eksperimen bentuk ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan dilakukan secara kelompok. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 19 Bandar Lampung yang memiliki kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatkan kecerdasan emosional peserta didik setelah melaksanakan layanan behavioral dengan teknik self-management dengan diperoleh (df) 11 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 1,796, maka thitung ≥ ttabel (14,068 ≥ 1,796) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioral dengan teknik self-management dapat meninkatkan kecerdaan emosional pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.