PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP
Main Author: | Gustina, G |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2451/1/Skripsi_Full.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2451/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP Oleh Gustina Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (Research and Development) yang bertujuanmenghasilkanpengembangandesaindidaktisbahan ajar materi bangun datar padapembelajaranmatematika SMP yang layakdigunakanmenuruthasilvalidasidariahlimateri, ahlibahasa,ahli media, danmembantupeserta didikuntukbelajarlebihmandiridannyamandalam proses belajarsertapeserta didiksangattertarikdenganbahan ajar (modul)desaindidaktis. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang mengacupada model pengembanganSugiyonosesuaidenganpengembangandesaindidaktis, yang menggunakan 7 tahapandalampenelitianyaitu: 1) Identifikasi (learning obstacle), 2) PengumpulandanPengolahan Data, 3) PenyusunanDesainDidaktisBahan Ajar, 4) ValidasiDesainDidaktisBahan Ajar, 5) DesainDidaktisBahan Ajar Revisi, 6) UjiCobaKecildanUjiCobaLapangan (ImplementasiDesainDidaktis) di SMPN 1 Penumangan Tulang Bawang Tengah Satu Atap Penumangan dan di SMP Dharma Bhakti, 7) DesainDidaktisBahan Ajar Revisi. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanangketresponpeserta didik.Analisis data padapenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif. Berdasarkanhasildariahlimateri, ahlibahasa, ahli media denganhasilvalidasilayakdigunakandanbahan ajar desaindidaktisberdasarkanangketresponujicobalapangan yang dilakukanpada25peserta didik SMPN 1 Penumangan Tulang Bawang Tengah Satu Atap Penumangan, dan 22 peserta didik di SMP Dharma Bhakti dikategorikan sangatmenariksehinggabahan ajar (modul) desaindidaktissangatmembatupesrta didikdalam proses belajardanlayakdigunakansertapeserta didiksangattertarikpadabahan ajar (modul) desaindidaktis. Kata kunci :Bahan Ajar (Modul),DesainDidaktis,Bangun Datar