KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH BANDAR LAMPUNG

Main Author: Destiyanti, Afifah Zulfa
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2239/1/Skripsi_Full__Afifah.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2239/
Daftar Isi:
  • Kebiasaan membaca pada siswa kelas V A dan V B MI Ismaria Al- Qur’anniyah Bandar Lampung terbilang sedang. Sedangkan kemampuan membaca siswa kelas V A dan V B MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung masih terbilang rendah. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran membaca yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan membaca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ismaria Al- Qur’anniyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung, bulan Agustus sampai dengan September 2017. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur’anniyah Bandar Lampung berjumlah 154 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien dengan taraf signifikan 5%. Dengan rhitung > rtabel atau 0,593 > 0,240, dengan demikian Ha diterima. Ini berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,593 dan sumbangan efektifnya sebesar 35,2%.