PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KEWAJIBAN BERBUSANA DAN DAMPAK PERILAKU KEAGAMAAN DI MTs ISMARIA AL-QUR'ANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Main Author: Nopalia, Hilda
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/2199/1/Skripsi_Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/2199/
Daftar Isi:
  • PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KEWAJIBAN BERBUSANA MUSLIMAH DAN DAMPAK PERILAKU KEAGAMAAN DI MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG OLEH HILDA NOPALIA ABSTRAK Agama Islam menyeru kepada umatnya didalam Al- Qur’an dan Hadits bahwasannya hukumnya wajib bagi laki-laki maupun perempuan untuk menutup aurat sesuai dengan batasan-batasan aurat yang telah diatur dalam syariat Islam. Sekolah MTs Ismaria Al-Qur’aniyyah di Bandar lampung adalah sekolah yang mewajibkan peserta didik nya berbusana Muslimah sesuai dengan peraturan sekolah dan syariat Islam, agar dapat memotivasi peserta didik senantiasa menutup auratnya karena sudah menjadi kewajiban bagi mereka harus diikuti dengan perilaku-perilaku keagamaan yang baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: “Bagaimana persepsi peserta didik tentang kewajiban berbusana muslimah? dan Bagaimana perilaku keagamaan peserta didik di MTs Ismariah Al-Qur’aniyyah di Rajabasa Bandar Lampung ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang kewajiban berbusana muslimah dan dampak perilaku keagamaan peserta didik disekolah. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. adapun Metode pengumpulan data yang digunakan penulis metode observasi, interview, dokumentasi. Dari data yang diperoleh dan terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman Hasil penelitian menyatakan persepsi peserta didik tentang kewajiban berbusana muslimah yaitu secara keseluruhan semua peserta didik memiliki ilmu pengetahuan dalam berbusana muslimah dan menutup aurat adalah hukumnya wajib didalam sekolah dan maupun diluar sekolah dengan adanya dukungan orang tua dan guru disekolah, tetapi dalam keseharian berbusana peserta didik yang berjumlah 15 orang, hanya 10 peserta didik yang mengenakan busana muslimah diluar sekolah. Adapun dampak memakai busana muslimah sangat mempengaruhi perilaku-perilaku keagamaan yang ada pada diri mereka, karena membentuk perilaku keagamaan yang terpuji dan menghindari perilaku-perilaku yang menyimpang bagi mereka. Kata kunci: persepsi berbusana muslimah dan perilaku keagamaan