PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: Lestari, Ade Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/215/1/Skripsi_Full_BARU.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/215/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP N 5 Pesawaran, adapun populasinya yaitu seluruh kelas VII di SMP N 5 Pesawaran dan sampel penelitiannya adalah kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan kelas VII.D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-posttest berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif. Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan uji t. tetapi sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peserta didik untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model POE diperoleh nilai uji-t pada pretest dan posttest diperoleh thitung = 2,631 dengan ttabel(0,05) = 1,664. Dengan demikian apabila thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 5 Pesawaran. Kata kunci: model pembelajaran POE (Predict Observe Explain), Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan