Hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik di mst Sriwijaya Kec.Bandar Sribhawono Kab.Lampung Timur
Main Author: | Lutfiah, Husnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2089/1/Cover.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2089/2/Halaman_Depan.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2089/3/Tesis.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2089/4/Daftar_Pustaka.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2089/ |
Daftar Isi:
- kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence);menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.motivasi adalah dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu.Hasil belajar merupakan bukti usaha yang dilakukan dalam kegiatan belajar dan merupakan nilai yang diperoleh oleh peserta didik dari proses belajar mengajar.Ketercapaian suatu tujuan pembelajaran adalah salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, yang diukur melalui tes.Untuk menghitung korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Sriwijaya Kec. Bandar Sribhawono Kab. Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017 adalah dengan menggunakan Uji-F dan diperoleh Fhitung = 6,2857 > Ftabel = 3,16 pada taraf signifikasi 0,05, sehingga disimpulkan bahwa secara bersama-sama terdapat korelasi (hubungan) yang signifikasi antara kecerdasan emosional (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y).