PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN ZOOM MEETING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Main Author: Dahlia, Rezza Ananda Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/20307/1/skripisi%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20307/2/skripisi%20DAHLIA%20REZZA%20ANANDA%20PUTRI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20307/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gunung Sugih Lampung Tegah, dimana pembelajaran berpusat pada pendidik dan mengakibatkan peserta didik pasif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan zoom meeting terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuatitaif yang menggunakan metode Quasy Experiment. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes uraian dengan materi perbandingan senilai dan pengumpulan data dengan angket. analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji anova 2 jalan. Berdasarkan data yang telah didapat maka diterima dan nilai α kriteria uji = 0,05 yang berarti p-value lebih besar dibandingkan nilai α kriteria uji. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan zoom meeting terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Flipped Classroom, Zoom Meeting, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif