KONSEP KESETARAAN GENDER MENURUT FATIMA MERNISSI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Main Author: SELVIANA, CHINTIA DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/20216/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20216/2/SKRIPSI%20FULL%20SELVIANA%20.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20216/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK KONSEP KESETARAAN GENDER MENURUT FATIMA MERNISSI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM Oleh Selviana Chintia Dewi Pendidikan adalah aspek yang begitu penting dalam kehidupan karena pendidikan adalah kunci utama dalam usaha meningkatkan kualitas kehidupan manusia menjadi lebih baik. Pendidikan juga dianggap sebagai aspek paling strategis dalam melakukan perubahan khususnya pendidikan Islam diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut, dimana terdapat wacana bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi budaya patriarki, yang memunculkan aktivis perempuan dalam Islam, salah satunya adalah Fatima Mernissi, merupakan tokoh feminis muslim modern yang berasal dari maroko yang gencar membicarakan kesetaraan gender dan berupaya menafsirkan adanya bias gender dalam kitab suci. Adapun jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam penelitian studi pustaka (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam�macam materi yang terdapat dalam kepustakaan seperti pada buku�buku, catatan-catatan, makalah-makalah, jurna-jurnal, dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Metode yang digunakan menganilisis data adalah contcent analysis, yaitu mengeksplorasi Konsep Kesetaraan Gender Menurut Fatima Mernissi dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam yang disajikan berupa analisis deskriptif. Kata Kunci : Kesetaraan Gender, Fatima Mernissi, Tujuan Pendidikan Islam