PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, AND REVIEW (MURDER) BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
Main Author: | ENDI, KURNIAWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/20091/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20091/2/SKRIPSI%20FULL%20ENDI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20091/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, and Review (MURDER) Berbantuan Ice Breaking dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Seputih Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Seputih Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas), dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Uji Anava Dua Jalan (Two Way Analysis of Variance). Melalui perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan model MURDER berbantuan ice breaking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. (2) Tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. (3) Terdapat interaksi antara penggunaan model MURDER berbantuan ice breaking dengan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik Kata Kunci: Model Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, and Review (MURDER), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar.