PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK DIREKTIF DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | UMMI, KHOLIZA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/20070/1/COVER%20BAB%201%20BAB%202%20DAPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20070/2/UMMI%20FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20070/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan konseling individu teknik direktif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang peserta didik yaitu peserta didik kelas IX G. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskripsi kualitatif. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan konseling individu teknik direktif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandar Lampung, sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku-buku relevan yang berkaitan judul penelitian, dokumen-dokumen resmi, dan data-data yang terkait dengan pelaksanaan konseling individu teknik direktif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan konseling individu teknik direktif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik kelas IX telah dilaksanakan dengan baik dan terdapatnya perubahan peserta didik. Peserta didik mulai rajin dalam mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas, terlihat dari absensi dan catatan buku kasus hal ini karena pemberian motivasi oleh guru bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Teknik Direktif, Kejenuhan Belajar iv ABSTRACT This study aims to describe the implementation of individual counseling directive techniques in overcomed the boredom of learned for class IX students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 5 students, namely students in class IX G. This research uses interview, documentation and observation data collection techniques. And the method used in this research was to use a qualitative descriptive research design. Primary data were obtained directly from respondents regarded the implementation of individual counseling directive techniques in overcomed the boredom of learning for class IX students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung, while secondary data were obtained from relevant books related to research titles, official documents, and data. -data related to the implementation of individual counseling directive techniques in overcomed the boredom of learned for class IX students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The results of this study stated that the implementation of individual counseling directive techniques in overcoming the boredom of learned for class IX students had been carried out well and there were changes in students. Students began to be diligent in participated in learned and collected assignments, it could be seen from the attendance and case book notes, this was due to the motivation given by the guidance and counseling teacher. Keywords: Directive Techniques, Study Saturation