PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Main Author: | REZA, DEA FITALOKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/19858/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf http://repository.radenintan.ac.id/19858/2/SKRIPSI%20FULL%20REZA%20DEA%20FITALOKA%201811050283.pdf http://repository.radenintan.ac.id/19858/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognitif dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model Pembelajaran dengan PBL saja pada kelas eksperimen 02 dan pembelajaran Direct Intruction pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan Quasy Eksperimental Design dengan Posttest Design. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 98 peserta didik kelas XI IPA. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas dengan teknik sampling pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 01, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 02 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (essay). Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA menggunakan SPSS 22 didapat bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik Kata Kunci : Problem Based Learning, Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis