PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN IQ TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MA MIFTAHUL HUDA

Main Author: Eva, Nurviana
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/19755/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19755/2/SKRIPSI%20Eva%20Nurviana.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19755/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang memungkinkan peserta didik untuk menyajikan kembali simbol, notasi, gambar, grafik, diagram, persamaan atau ekspresi matematis yang tujuannya untuk memudahkan dan memperjelas penyelesaian permasalahan yang diberikan. Penelitian kuantitatif ini mengkaji kemampuan representasi matematis peserta didik dengan mengimplementasikan model discovery learning dan IQ sebagai pengontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis dengan mengontrol IQ peserta didik dan pengaruh variabel kovariat IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik, serta pengaruh secara simultan model discovery learning dan IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa MA, dengan rincian 30 siswa belajar menggunakan model discovery learning dan 30 siswa belajar dengan metode ekspositori. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji one-way ancova, hasil dari uji hipotesis yaitu terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis dengan mengontrol IQ peserta didik dan terdapat pengaruh variabel kovariat IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik, serta terdapat pengaruh secara simultan model discovery learning dan IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, IQ, Representasi Matematis.