PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Main Author: RISA, OKTARIA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/19680/1/SKRIPSI%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19680/2/SKRIPSI%20FULL%20RISA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19680/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya hasil belajar PAI yaitu kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran PAI. Pada pembelajaran PAI peserta didik kurang termotivasi dan berpikir kritis terhadap penyampaian materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman materi pembelajaran PAI yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model Contextual Teaching and Learning agar peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X Ipa Di SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X Ipa SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah keputusan = 6,693 > = 0,000 dengan demikian Ho ditolak dan Ha terima. Maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X Ipa Di SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, PAI