PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA TOPIK GELOMBANG MEKANIK
Main Author: | Putri, Kusuma Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/19628/1/COVER%20BAB%201-2%2BDAPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/19628/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/19628/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada topik gelombang mekanik. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik peneliti menggunkan tes berupa essay dan non tes berupa lembar observasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Tulang Bawang Tengah dengan siswa kelas XI IPA sebagai populasi penelitian. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: model (Guided Inquiry), keterampilan proses sains, gelombang mekanik