STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Main Author: Yusuf, Aulia Maulida
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/195/1/Skripsi_Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/195/
ctrlnum 195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenintan.ac.id/195/</relation><title>STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA</title><creator>Yusuf, Aulia Maulida</creator><description>Strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permainan Balok. Strategi adalah Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, sebuah aktivitas dalam waktu tertentu. peserta didik merupakan objek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, sehingga perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam sekolah. Judul penelitian strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini melalui permainan balok di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara.&#xD; Rumusan masalah adalah: Bagaimana Strategi Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok di RA Aklakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya kognitif Anak Usia Dini Di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara.&#xD; Penelitian ini termasuk Penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah anak di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. terdiri dari 2 (dua) siklus, dalam setiap siklus harus melewati beberap tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu: wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tentang permainan Balok dalam pembelajaran meningkatkan kognitif anak menunjukkan peningkatan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan anak tentang permainan Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara perlu ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari hasil awal yang memperoleh nilai 50%, siklus I memperoleh 70% dan siklus II memperoleh hasil nilai 85%.&#xD; Bagi guru Taman Kanak-Kanak: 1) guru hendaknya memberikan penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran meningkatkan kognitif pada anak, kemudian guru menguji kemampuan anak khususnya dalam kemampuan dalam bermain Balok, 2) dalam memberikan penilaian hendaknya terdiri dari tiga aspek yaitu motorik, kognitif dan afektif, 3) bagi pihak sekolah hendaknya memahami pembelajaran bermain Balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, 4) guru hendaknya mendukung penerapan bermain Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, 5) bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan dan meningkatkan bentuk pembelajaran kognitif anak.&#xD; Kata Kunci : Strategi Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok</description><date>2017-03-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/195/1/Skripsi_Full.pdf</identifier><identifier> Yusuf, Aulia Maulida (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung. </identifier><recordID>195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
Journal
author Yusuf, Aulia Maulida
title STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BALOK DI RA AKHLAKUL KARIMAH DARUL AMAN KOTABUMI LAMPUNG UTARA
publishDate 2017
url http://repository.radenintan.ac.id/195/1/Skripsi_Full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/195/
contents Strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui permainan Balok. Strategi adalah Pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, sebuah aktivitas dalam waktu tertentu. peserta didik merupakan objek yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, sehingga perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam sekolah. Judul penelitian strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini melalui permainan balok di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. Rumusan masalah adalah: Bagaimana Strategi Guru dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok di RA Aklakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya kognitif Anak Usia Dini Di RA Akhlakul Kharimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini termasuk Penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah anak di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara. terdiri dari 2 (dua) siklus, dalam setiap siklus harus melewati beberap tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu: wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tentang permainan Balok dalam pembelajaran meningkatkan kognitif anak menunjukkan peningkatan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan anak tentang permainan Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di di RA Akhlakul Karimah Darul Aman Kotabumi Lampung Utara perlu ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari hasil awal yang memperoleh nilai 50%, siklus I memperoleh 70% dan siklus II memperoleh hasil nilai 85%. Bagi guru Taman Kanak-Kanak: 1) guru hendaknya memberikan penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran meningkatkan kognitif pada anak, kemudian guru menguji kemampuan anak khususnya dalam kemampuan dalam bermain Balok, 2) dalam memberikan penilaian hendaknya terdiri dari tiga aspek yaitu motorik, kognitif dan afektif, 3) bagi pihak sekolah hendaknya memahami pembelajaran bermain Balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, 4) guru hendaknya mendukung penerapan bermain Balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, 5) bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan dan meningkatkan bentuk pembelajaran kognitif anak. Kata Kunci : Strategi Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok
id IOS398.195
institution Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 117
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
library_id 89
collection Repositori IAIN Raden Intan Lampung
repository_id 398
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS398
first_indexed 2017-05-31T03:09:20Z
last_indexed 2020-01-16T05:55:47Z
recordtype dc
_version_ 1800730605244121088
score 16.845257