PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DALAM JARINGAN PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Anggitia, Dian Palupi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/19229/1/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%202%2C%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19229/2/FULL%20SKRIPSI%20ANGGI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19229/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar daring peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan diketahui terdapat beberapa peserta didik yang memiliki kedisiplinan belajar rendah/menurun, kurangnya sumber daya manusia dan tidak adanya tenaga pendidik berprofesi sebagai konselor di sekolah tersebut, menuntut guru kelas untuk berperan sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling telah terlaksana, namun masih terdapat beberapa peran yang belum terlaksana secara maksimal dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling. Peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling yang telah terlaksana adalah guru berperan sebagai informator, motivator, direktor, fasilitator, mediator, organisator, dan evaluator. Bentuk layanan yang diberikan guru dalam menjalankan perannya sebagai pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik dilaksanakan yaitu berupa layanan informasi, Layanan orientasi, layanan penempatan dan penyaluran, Layanan pembelajaran, dan Layanan konseling individu. kata Kunci: Peran Guru Kelas, Layanan Bimbingan Konseling, Kedisiplinan Belajar