STRATEGI KOMUNIKASI AMIL ZAKAT DAN MUZAKKI DALAM MENUNAIKAN ZAKAT (Studi: Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat)

Main Author: Muhammad, Iqbal Wahyudi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/19014/1/BAB%201%205%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19014/2/SKRIPSI%20IQBAL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/19014/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Strategi Komunikasi yaitu perencanaan dalam penyampaian pesan melalui kombinasi berbagai unsur komunikasi seperti frekuensi, formalitas, isi dan saluran komunikasi. Sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami serta bisa mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi. Oleh karena itu strategi komunikasi juga sangat diperlukan dalam sebuah lembaga dalam mencapai tujuan yang diharapkan seperti Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Barat, dengan menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk bertujuan mengajak para muzakki yang memiliki potensi zakat yang ditaksir mencapai ratusan juta yang dapat diperoleh dari berbagai profesi seperti pertanian, perkebunan, peternakan, pelayanan publik, perdagangan, maupun jasa lainnya dalam menunaikan ibadah zakat yang dibayarkan dan dikelola oleh Lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Barat dan bagaimana cara BAZNAS berkomunikasi dengan para mustahiq saat kegiatan penyaluran zakat tersebut. Serta melihat efek komunikasi yang diberikan muzakki dan mustahiq kepada BAZNAS Kabupaten Lampung Barat setelah strategi komunikasi tersebut telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data Primer diperoleh langsung dari hasil obervasi dan hasil wawancara kepada responden yaitu para anggota lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Barat, sedangkan data Sekunder diperoleh dari dokumentasi di lembaga BAZNAS Kabupaten Lampung Barat, hasil wawancara dari Muzakki dan Mustahiq yang telah ditentukan dan dari data kepustakaan yang berkaitan dengan strategi komunikasi Amil zakat kepada muzakki dan mustahiq dalam menunaikan zakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi amil zakat BAZNAS Kabupaten Lampung Barat kepada muzakki dan mustahiq dalam menunaikan zakat maupun efek komunikasi dari strategi komunikasi amil zakat kepada muzakki dalam menunaikan zakat meliputi komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok pada program pemungutan dana zakat dari profesi Aparatur Sipil Negara dengan bekerja sama dengan pihak Bupati Lampung Barat, pemanfaatan komunikasi massa dengan menggunakan media massa seperti surat, media sosial, website, Buku, dan pamflet. Pada program pendistribusian zakat kepada mustahiq, BAZNAS Kabupaten Lampung Barat menggunakan radio sebagai media informasi dan pengumuman penyaluran zakat kepada mustahiq sebagai bagian dari perencanaan komunikasinya. Efek komunikasi dari strategi komunikasi amil zakat kepada muzakki dalam menunaikan zakat yaitu efek komunikasi psikomotorik pada strategi komunikasi organisasi lembaga Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lampung Barat yang bekerja sama dengan Bupati Lampung Barat dalam program pengumpulan zakat profesi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan efek komunikasi kognitif pada strategi komunikasi massa dalam program sosialisasi kepada potensi muzakki mengenai kewajiban menjalankan ibadah zakat di media massa seperti banner, buku, media sosial, dan website. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Amil Zakat, BAZNAS Lampung Barat