PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | NANDA, ASTIKA SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/18768/1/SKRIPSI%20BAB%201%262.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18768/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18768/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIS Darul Huda Bandar Lampung Oleh Nanda Astika Sari Hasil belajar merupakan kegiatan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di MIS Darul Huda Bandar Lampung, menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV masih cukup rendah (kurang maksimal). Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. MIS Darul Huda Bandar Lampung sudah menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, namun dalam proses belajar mengajar menggunakan model tersebut belum tepat dan kurang efisien untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menawarkan model pembelajaran Value Clarification Technique untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS, baik dalam ranah kognitif maupun afektif.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Design yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS Darul Huda Bandar Lampung dengan jumlah populasi 43 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas Eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas Kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa soal multiple choice untuk mengukur hasil belajar kognitif serta berupa angket untuk mengukur ranah afektif. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh pada tabel diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari batas kritis 0,05 yaitu (0,066 < 0,05), maka dapat diputuskan bahwa h1 diterima. Kata Kunci : Model Value Clarification Technique, Hasil Belajar