PENGARUH MODEL FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK DAN LITERASI MATEMATIS

Main Author: NOFA, PUTRI AYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/18749/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18749/2/SKRIPSI%20KECIL%20NOFA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18749/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan adversity quotient dan literasi matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta, peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam kehidupan nyata, serta mampu mengolah kesulitan yang ada dengan kecerdasan yang dimiliknya sehingga menjadi sebuah tantangang untuk menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient dan literasi matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Baradatu Way Kanan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji N-gain, serta uji one way manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, : 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient dan literasi matematis secara bersama�sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: FERA, SWH, Adversity Quotient, Literasi Matematis