IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP MATA PELAJARAN PAI KELAS IX E DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Author: Reni, Indriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/18700/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%26%20BAB%205.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18700/2/SKRIPSI%20FULL%20RENI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18700/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Indonesia saat ini dihadapkan dengan adanya wabah virus corona atau biasa disebut dengan covid-19 yang mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Sebagaimana kebijakan pemerintah tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) Konsekuensi dari kebijakan tersebut Lembaga Pendidikan mengganti sistem pembelajaran luring dengan daring. Mendikbud menyarankan adanya pemanfaatan teknologi sebagai alat belajar dan mengajar. Tugas utama dan tanggung jawab seorang pendidik adalah mengelola pembelajaran agar lebih dinamis, efektif dan efisien. Perkembangan zaman telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan yang berpengaruh pada perubahan zaman tersebut juga tidak dapat dihindari pada dunia pendidikan, salah satu contoh media sosial yang sangat berperan penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring yaitu aplikasi WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Media WhatsApp Mata Pelajaran PAI Kelas IX E Di SMP Negeri 34 Bandar Lampung Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif prinsipnya untuk memahami obyek yang diteliti secara mendalam, pada umumnya penelitian kualitatif ini mencakup informasi tentang fenomena utama yang dieksplorasi dalam penelitian, partisipan penelitian dan lokasi penelitian. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. teknik pengecekan keabsahan data dalam proses penelitian antara lain perpanjang keikutsertaan, pengamatan tekun, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tahap perencanaan Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Media WhatsApp Mata Pelajaran PAI Kelas IX E di SMP Negeri 34 Bandar Lampung Pada Masa Pandemi Covid-19 hal pertama yang dilakukan yaitu pihak sekolah mengadakan pelatihan kepada guru yang memang IT nya masih rendah, agar guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran daring. pada tahap perencanaan pembelajaran daring hal yang dilakukan yaitu membuat grup kelas online, membuat silabus, RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), serta instrument evaluasi pembelajaran. (2) Tahap pelaksanaan penerapan media WhatsApp sebagai media pembelajaran yaitu mengggunakan metode online dan penugasan. Dalam pelaksanaan penerapan media WhatsApp masih dikatakan kurang efektif jika hanya menggunakan WhatsApp saja oleh karena itu guru menggabungkan beberapa media pembelajaran daring lainnya untuk membantu selama proses kegiatan belajar mengajar. (3) Tahap evaluasi penerapan media WhatsApp sebagai media pembelajaran yaitu penilaian kognitif (pengetahuan) dilihat dari penugasan materi, dan nilai semester. Penilaian afektif (sikap) dilihat dari sikap yang berupa etika mereka saat memberikan tanggapan ketika guru menyampaikan materi, dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan santun saat bertanya kepada guru dalam group WhatsApp. Penilaian psikomotorik dilihat dari keterampilan siswa dalam mengumpulkan tugas dalam bentuk video sesuai dengan materi. Kata kunci: Pembelajaran Daring, WhatsApp, Pendidikan Agama Islam