PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA
Main Author: | EKA, MULIA APRINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/18659/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18659/2/SKRIPSI%20FULL%20EKA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18659/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Literasi matematika merupakan kemampuan sesorang dalam penafsiran, formulasi, dan penggunaan terhadap matematika di berbagai konteks. Kemudian proses metakognisi, siswa menjawab pertanyan-pertanyaan yang disajikan oleh guru dan kurangnya kesadaran guru terhadap metakognisi serta model pembelajaran yang kurang tepat merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi matematis. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuning. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, VII B eksperimen 2 dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari ketiga kelompok tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji anava dua jalan. Sehingga kesimpulannya yaitu (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran synectics berbantuan schoology, model pembelajaran synectics, dan konvensional terhadap kemampuan literasi matematis. (2) Terdapat pengaruh metakognisi tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan literasi matematis siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran synectics berbantuan schoology, model pembelajaran schoology, konvensional dan metakognisi siswa (rendah, sedang, tinggi) terhadap kemampuan literasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran synectics, schoology, metakognisi dan literasi matematis.