PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LARNING (PjBl)BERBANTUAN FOTONOVELA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Sari, Nur Aini Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/1849/1/RIZKI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/1849/
Daftar Isi:
  • Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui nilai peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran didalam kelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada guru (teacher centered). Media yang digunakan hanya sebatas papan tulis dan tidak adanya variasi pada media pembelajaran menjadi salah satu penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan fotonovela terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Inti dari model ini yaitu model pembelajaran yang menekankan aktivitas motorik peserta didik untuk memecahkan masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan fotonovela/cerita bergambar sebagai media dan pada akhir pembelajaran menghasilkan karya nyata. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasy Experiment. Desain penelitian yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik acak kelas, dari teknik tersebut didapatkan peserta didik kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 2,49722573>1,66691448. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada model project based learning berbantuan fotonovela terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Project Based Learning, Fotonovela, dan Kemampuan Berpikir Kritis.